Thursday 16 October 2014

Trik-Trik Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi

Beberapa trik yang diberikan selama mengikuti Pati : 

Ruang PATI

  1. Jika mengirim email jangan menggunakan CC, gunakan BCC saja.
  2. Jika mengerjakan soal evaluasi, bagi soal menjadi 2 tab. agar tidak memakan waktu banyak.
  3. Jika kita ingin mencari tugas di google, kita bisa menggunakan:  Kata Kunci (spasi) filetype:format . Contoh : Ilmu dan Teknologi Pangan filetype:pdf.
  4. Jika kita mencari info yang ada disebuah website, kita bisa menggunakan: Kata Kunci (spasi) site:website. Contoh : Pendaftaran Mahasiswa Baru site:pmb.umm.ac.id
  5. Pada saat  materi ms.word, kita diberi trik penggunaan shortcut. Contohnya, jika kita ingin menulis dengan format rata tengah kita gunakan ctrl+E. Selain itu, untuk mengubah huruf kapital dan kecil menggunakan Ctrl+F3.
  6. Untuk menyimpan data-data secara online kita dapat menggunakan Google Drive yang memiliki kapasitas 15Gb. Selain itu Google Drive juga memiliki fasilitas menarik yaitu tentang pengeditan file. Dimana file-file tersebut dapat mudah diakses oleh pemiliknya sendiri kapan dan dimanapun keberadaannya. Asalkan tersedia computer desktop, laptop, computer tablet, ataupun smartphone yang terhubung dengan internet. Keutamaan dari Aplikasi Google yang satu ini adalah mampu disetting untuk pribadi maupun di-shear dengan para pengguna sesama Google Drive lain. Bahkan memungkinkan untuk melakukan kolaborasi dalam pengeditan file dapat juga dilakukan.
  7. Pengeditan makalah pada Ms. Word, contohnya dalam pembuatan nomor halaman dan pembuatan daftar isi secara otomatis.

No comments:

Post a Comment